Thursday, September 6, 2018

LAPORAN PELAKSANAAN PERLUASAN MASJID BABURRAHMAH


A.      LATAR BELAKANG
            Allah SWT. berfirman dalam Al-Qur’an yang artinya :“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan tidak takut kepada siapapun selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang mendapat petunjuk” (Q.S. At-Taubah : 18)
Masjid Baburrahmah berada di Perumnas Sumberker Biak didirikan sejak tahun 1998 dari tahun ke tahun mengalami peningkatan jumlah jamaah yang siginifikan seiring dengan pembangunan perumahan yang dilakukan oleh Pihak Pengembang ( Perum Perumnas ). Berdasarkan data tahun 2013 jumlah jamaah Masjid Baburrahmah berjumlah 204 KK, tahun 2014 berjumlah 240 KK dan Tahun 2017 sebanyak 270 KK.
Setiap tahunnya ketika hari-hari besar Islam / Shalat Tarawih di Masjid Baburrahmah   tidak bisa menampung Jama’ah yang jumlahnya mencapai 300 orang. Hal ini disebabkan  kurang luasnya masjid hingga jamaah sebagian Shalat di Teras / Tangga masjid.
Selain itu pembangunan / Perluasan  masjid juga sangat diperlukan karena tuanya usia masjid Baburrahmah Hal ini juga yang menjadi perhatian pengurus masjid.
Sehubungan dengan penggalangan dana Perluasan Masjid Baburrahmah dari Jamaah Masjid  dan para donatur, Maka dari itu kami atas nama Panitia Perluasan Masjid Baburrahmah Perumnas Sumberker  memberikan Laporan Pertanggungjawaban tentang dana sumbangan pembangunan masjid yang berasal dari Jamaah / donatur / dan instansi swasta / negeri  yang rinciannya terlampir.
B. MAKSUD DAN TUJUAN
1.  Sebagai bukti kami telah menjalankan amanah untuk mengalokasikan dana Jamaah / donatur / dan instansi swasta / negeri
2.  Sebagai sarana informasi kepada pihak-pihak yang terkait, terutama pihak lembaga yang telah memberikan banyak dukungan berupa materil maupun moril.
3. Sebagai bahan evaluasi bagi para pelaksana kegiatan demi kemajuan bersama Tujuan dibuatnya Laporan.
4.  Sebagai bahan analisa, sehingga segala kekurangan yang ada pada penyelenggaraan kegiatan ini dapat diperbaiki dan tidak terulang kembali
5.  Sebagai media informasi secara eksplisit yang bersifat transparansi bagi Panitia Perluasan Masjid Baburrahmah Perumnas Sumberker dan Jamaah Masjid
Demikian laporan pertangung jawaban Perluasan masjid Baburrahmah Perumnas Sumberker Biak kami informasikan , Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
C. JENIS KEGIATAN
Pembangunan Ruang Shalat, Menara Masjid, Tempat Wudhu 
D. WAKTU PELAKSANAAN
Kegiatan Penambahan / Perluasan dimulai  pada 30 September 2017  dan sampai dengan bulan juni 2018 telah diselesaikan1 Buah ruangan shalat dan akan dilanjutkan dengan pembangunan Menara Masjid.
E.  BIAYA
Biaya yang telah dikeluarkan untuk pembangunan adalah sebesar Rp.  611.442.000 ( Enam Ratus Sebelas Juta Empat Ratus Empat Puluh Dua Ribu Rupiah )  Yang berasal dari Jamaah Masjid Baburrahmah dan Donatur luar Jamaah Masjid baik perorangan, BUMN dan Swasta , Laporan Keuangan Selengkapnya dapat dilihat di Papan Pengumuman Masjid Baburrahmah.
F.  PENUTUP
      Demikian Laporan Pelaksanaan Perluasan Masjid Baburrrahmah  ini kami sampaikan dengan harapan semoga dapat menjadi bahan evaluasi bagi Panitia dalam pelaksanaan kegiatan dimaksud.

                  Ketua Panitia   
                     Perluasan Masjid Baburrahmah


                    ANWAR JUMATI
==============================================================

Lampiran :
Laporan Keuangan Penambahan Gedung Masjid Baburrahmah
   1. Saldo Awal                                                                                   : Rp.  83.377.000
   2. Penerimaan                                                                                   : Rp.648.324.000
   3. Pengeluaran / Pembelian Bahan,Ongkos Kerja dan Konsumsi   : Rp. 611.442.000
   4. Saldo sampai tanggal 2 September 2018                                     : Rp.   36.044.500



0 comments:

Post a Comment