Senin, 31 Mei 2010

Jamaah Tabligh, Berdakwah di Negeri Konflik

Madrasah Arabia Tableeghe Markas Raiwind adalah Pusat Dakwah Jamaah Tabligh di Pakistan. Meski keadaan dalam kekacauan di Pakistan, baik dari sisi keamanan, politik dan juga ekonomi dengan semakin mahalnya kebutuhan hidup, tetap mengirim para dainya ke seluruh penjuru negeri Pakistan. Pengiriman keluar negeri pun terus dilakukan.
Salah satu fakta menarik tentang Jamaah Tabligh adalah, semua pihak yang bertikai, baik dari kelompok Taliban, aparat keamanan, militer dan pemerintah, selalu menyambut para aktivis Jamaah Tabligh dengan ramah. Karena salah satu alasan yang disampaikan adalah, menyebarkan rasa persaudaraan dan persatuan sesama Muslim.
Bahkan pemimpin Jamaah Tabligh untuk daerah Swat, Haji Bakh Munir mengatakan ketika bentrok senjata antara pihak Taliban dan militer Pakistan di Swat, semua anggota aktif Jamaah Tabligh yang tinggal di Swat selamat dan tidak ada yang tewas. ”Allah ingin menunjukan kekuasaan-Nya agar kerja dakwah bisa hidup di negeri yang penuh konflik ini. Semua semata-mata pertolongan Allah SWT,” ujarnya.
Dalam setiap kesempatan tabligh akbarnya, Jamaah Tabligh di seluruh kota-kota di Pakistan selalu berjalan dengan aman dan damai. Masjid pusat Jamaah Tabligh di Raiwind, Lahore hampir setiap harinya selalu dipenuhi jamaah sampai sepuluh ribu orang. Kebutuhan makan dan minum mereka dilayani oleh Masjid Raiwind.
Raiwind adalah kota kecil yang jaraknya 25 km dari Lahore. Di Raiwind tiap tahun selalu diadakan tabligh akbar yang dihadiri sampai dua juta orang, dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Usaha dakwah dan tabligh sudah dimulai semenjak tahun 1928 ketika negara India dan Pakistan masih satu negara.
Sumber: http://www.sabili.co.id

0 komentar:

Poskan Komentar